Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

cara mengelolah uang

Menabung bagi sebagian orang memang menyulitkan. Ditambah dengan kebiasaan belanja yang buruk, menyebabkan gaji bulanan bisa habis sebelum waktunya. Dibutuhkan inovatif yang cermat walau memerlukan penyesuaian yang tidak gampang. Tapi, jika anda ingin berubah, hal itu dapat diatasi.

Untuk menyesuaikan pengeluaran dengan pendapatan bukan berarti membuat anda harus hemat dalam segala hal.Cukup dengan mengatur uang secara bijak atau berbelanja dengan hati-hati dapat membuat tabungan anda meningkat. Berikut cara hemat untuk menggunakan uang dalam berbelanja:
1. Hindari menghabiskan uang pada barang yang nilainya menurun seperti makanan, pakaian atau barang elektronik yang tidak terlalu anda butuhkan.
2. Kurangi kebiasaan-kebiasaan “kecil” seperti membeli rokok, cemilan atau ngopi bareng teman. Jumlahnya kecil tapi terkadang anda lupa jika dikalkulasi jumlahnya besar juga.
3. Atur cicilan hutang anda tidak lebih dari 30% dari gaji bulanan anda. Hal ini disarankan karena anda harus memenuhi kebutuhan rumah tangga anda seperti listrik, air atau sekolah anak.
4. Hindari pemakaian kartu kredit. Banyak orang beranggapan bahwa kartu kredit adalah uang tambahan. Padahal, begitu anda memakainya, anda wajib mengembalikannya kepada pihak Bank. Jika anda tidak sanggup membayar penuh, maka bunga akan menanti anda. Simpanlah kartu kredit untuk keadaan darurat.
5. Dana Cadangan. Buatlah dana cadangan anda minimal 6 bulan gaji anda. Hal ini diperlukan, jika sewaktu-waktu anda tidak bekerja lagi atau keadaan yang membuat anda harus beristirahat.
 

Incoming search terms for the article:

cara bijak menggunakan uang,cara menabung dengan bijak,cara menabung yang bijak,cara bijak mengelola uang,cara menggunakan uang dengan baik,cara bijak mengatur keuangan,cara hemat uang,cara mengatur uang bulanan,cara bijak mengatur uang,cara bijak menabung

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar